Minggu, 13 April 2014

Fungsi Modem GSM CDMA

Sobat baru mengenal istilah modem? Apa itu modem dan bagaimana cara kerjanya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut saya sajikan informasi tentang fungsi modem internet GSM dan CDMA.

Modem sendiri merupakan kependekan dari modulator-demodulator. Modulator memiliki fungsi menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu, yang biasa disebut proses modulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog, sementara itu demodulator berfungsi mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. 

Fungsi Modem GSM CDMA
Secara sederhana, modem merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Dalam bahasa yang lebih sederhana lagi, modem dapat diartikan sebagai alat perantara untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet melalui layanan paket langganan internet.

Meski sebenarnya cukup banyak jenis modem, saat ini yang paling populer adalah modem GSM dan CDMA. Modem ini umumnya dicolok melalui port USB pada laptop maupun PC dan dengan kartu operator seluler GSM maupun CDMA yang telah didaftarkan paket internet, modem tersebut dapat kita manfaatkan sebagai alat untuk mengkoneksikan laptop atau PC tersebut dengan komputer-komputer lain di dunia (internet).

Itulah sekilas informasi tentang fungsi modem GSM dan CDMA yang banyak kita jumpai saat ini. Untuk memperoleh modem yang sesuai kebutuhan, pastikan sobat memilih kartu operator seluler yang paling murah dan fleksibel sebelum menentukan modem mana yang akan dibeli, GSM atau CDMA. Salam.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar