Rabu, 12 Juni 2013

Tips Memilih USB Modem

Di tengah meningkatnya kebutuhan akan koneksi internet yang bagus, sobat mungkin saja membutuhkan modem yang handal serta berkualitas. Sebagai perangkat penting dalam koneksi tersebut, modem harus dipilih secara cermat. Bagaimana caranya dan apa kriterianya? Berikut saya sajikan tips memilih USB Modem yang bagus.

Sebelum memilih USB modem yang bagus, ada baiknya kita sedikit mengulas apa itu USB dan apa itu modem serta apa USB modem tersebut. USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus, yaitu secara sederhana adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.

Tips Memilih USB Modem
Sementara itu, modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sementara Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Dengan demikian, modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Secara sederhana, USB modem selanjutnya dapat didefinisikan sebagai modem yang dapat dikoneksikan dengan perangkat lain menggunakan sistem konektor USB. Konektor ini secara luas telah digunakan dalam perangkat-perangkat modern, khususnya laptop, netbook, maupun tablet.

Untuk memilih USB modem yang bagus, ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan mengingat di pasaran, ada banyak sekali merk, jenis, spesifikasi, serta harga modem USB yang dapat kita beli. Jika tidak cermat, bisa saja kita membeli USB modem yang gampang rusak dan bekerja tidak optimal. Langkah-langkah pemilihan modem yang baik adalah sebagai berikut:

Layanan Operator
Sebelum membeli modem, tentukan dahulu kartu seluler atau operator apa yang ingin sobat pakai. Penentuan ini harus didahului dengan jenis jaringan, uji sinyal, kekuatan sinyal, kestabilan sinyal, serta tarif layanan. Jika sudah menemukan, silahkan sobat memilih antara USB Modem yang sudah bundling dnegan operator tersebut atau yang unlock (sewaktu-waktu dapat dipakai dengan kartu dari operator lain).

Kemudahan Setting
Modem-modem yang ada di pasaran ada dua jenis, yakni yang memberikan setting otomatis ketika kita mengganti kartu, dan modem yang manual alias kita harus mengubah settingan jika berganti-ganti operator secara manual. Bagi yang tidak suka ribet, modem dengan fitur setting otomatis tentu lebih fleksibel.

Spesifikasi
Bagi yang maniak aktivitas online, spesifikasi USB modem sangat penting untuk mendapatkan kecepatan maksimal. Namun bagi sobat yang hanya ingin browsing, social networking, serta chatting, modem berspesifikasi rendah pun bisa dimanfaatkan tanpa mengorbankan harga yang lebih mahal.

Harga
Harga memang harus menjadi salah satu patokan dalam pembelian USB modem. Pada umumnya, harga serng dikaitkan dengan kualitas. Jadi, sobat jangan terlalu tergiur dengan harga obral nan murah, meski sebenarnya harga murah belum tentu murahan. Tetaplah cari USB modem yang murah namun berkualitas. 

Merk Modem
Kebanyakan dari kita memang brand-minded. Bukan karena apa-apa, namun umumnya merk-merk terkenal telah memiliki reputasi yang baik, selain karena kualitas produknya yang handal, layanan puran jualnya pun juga bagus. Untuk memilih modem USB yang bagus, perhatikan juga merk-nya.

Dukungan OS
Cek dulu perangkat yang akan sobat pakai, apakah laptop, netbook, ataupun tablet. Terlebih saat ini ketika tablet-tablet bersistem Android mulai populer, pastikan sobat memilih USB modem yang support segala jenis OS, baik Windows, Linux, maupun Android. 

Desain
Desain cukup penting ketika sobat memiliki perangkat tertentu. Sebagai contoh, desain yang USB modem yang kecil dan ramping banyak direkomendasikan, selain karena mudah dibawa, juga tidak memenuhi space pada perangkat utama.

Kondisi Purna Jual
Layanan purna jual ini termasuk di dalamnya garansi, harga second-nya, serta kemudahan servis. Pilihlah USB modem yang memiliki layanan purna jual bagus, sehingga jika sewaktu-waktu bermasalah, sobat dengan mudah menyelesaikannya, baik memperbaiki segala kerusakan maupun menjualnya kembali.

Itulah sekilas tentang tips memilih USB modem yang dapat saya sajikan kali ini. Sobat dapat saja menambah kriteria-kriteria modem yang bagus untuk menambah referensi pertimbangan. Setidaknya, beberapa hal diatas jika telah secara cermat dipenuhi, sobat akan memperoleh produk yang bagus dan berkualitas. Semoga bermanfaat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar